Fitur-Fitur Hotspot Mikrotik

Tidak ada habisnya kalau mengulas implementasi fitur-fitur Mikrotik. Salah satu dari sekian banyak fitur yang banyak digunakan adalah Hotspot.

Sudah banyak yg mengimplementasikan fitur Hotspot Mikrotik di lapangan, mungkin anda salah satunya.

Kebanyakan orang menyebut jika terdapat akses internet yg di sebarkan via wireless di public area (cafe,mall,dsb) itu adalah layanan Hotspot, Sedangkan sebenarnya Hotspot di Mikrotik adalah sebuah system untuk memberikan fitur autentikasi pada user yang akan menggunakan jaringan. Jadi untuk bisa akses ke jaringan, client diharuskan memasukkan username dan password pada login page disediakan.

Dari penjelasan diatas, berarti Hotspot tidak hanya menunjuk ke jaringan wireless saja. Fitur Hotspot ini bisa diterapkan di semua tipe interface jaringan seperti ethernet base.

Hotspot Network

Untuk membangun sistem authentikasi pada Hotspot, sebenarnya Hotspot merupakan gabungan dari fungsi Proxy, Firewall, DNS, DHCP dan lain-lain. Tetapi kalian untuk membuat sebuah hotspot server tidak perlu khawatir akan kekomplekan fungsi tersebut karena di Mikrotik kalian diberikan “Bantuan” dalam bentuk Setup Wizard untuk membuatnya.

Selain authentikasi, Hotspot pada Mikrotik juga mempunyai banyak fitur yang cukup menarik untuk diimplementasikan di jaringan kalian. Fitur apa saja itu, mari kita ulas :

Limitasi
Dengan menggunakan hotspot server di jaringan, kalian nanti bisa melakukan limitasi berdasarkan berapa lama user akses jaringan (uptime), kecepatan akses (data rate), banyak data yang sudah digunakan (quota based), bahkan kebijakan policy firewall.
Limitasi ini bisa diterapkan per user atau mungkin per group dari jaringan kalian.


Plug n Play Connectivity

Apakah kalian pernah mengalami repotnya merubah-rubah IP setiap terkoneksi ke jaringan wireless orang lain? Atau mungkin ada kasus di perangkat User memiliki security yang mengakibatkan user tersebut tidak diijinkan merubah-rubah IP pada perangkatnya? Dengan menggunakan Hotspot Server, kalian tidak perlu mengkhawatirkan hal itu lagi. User bisa menggunakan sembarang IP statik di perangkatnya atau DHCP, nanti secara otomatis Hotspot server akan melakukan one to one nat agar client tersebut bisa akses ke jaringan kita.

Bypass
Normalnya, semua koneksi dari berbagai perangkat yang ada dijaringan Hotspot kita akan diblock sebelum melakukan login / autentikasi ke hotspot server. Tetapi tidak semua perangkat bisa melakukan sistem autentikasi tersebut, misalnya : Printer server, IP Cam, VoIP server dan sebagainya. Atau ada user VIP yang memang istimewa tidak perlu melakukan login.

Untuk perangkat-perangkat yang ingin kalian bypass , tidak perlu melakukan login untuk akses ke jaringan, kalian bisa menggunakan fitur yang namanya IP Binding.


Atau bisa juga kalian mempunyai kebijakan, untuk mengakses resource di jaringan lokal kalian sendiri (halaman web perusahaan / web server, mail server, file server dan sebagainya) tidak perlu melakukan login. Tetapi pada saat user ingin akses ke internet (misalnya browsing ke yahoo, facebook dan sebagainya) baru kalian minta user tersebut untuk melakukan login. Fitur yang bisa kalian gunakan untuk hal tersebut dinamakan Walled Garden


Advertisement
Dengan menggunakan fitur advertisement pada Hotspot server, kalian bisa menampilkan popup halaman sebuah web ke user kalian dan popup-popup yang akan muncul bisa kalian atur intervalnya.


Trial User
Mungkin bagi kalian yang berkecimpung di dunia jasa layanan internet, ingin memberikan masa trial / uji coba ke calon pelanggan kalian, dengan tujuan meyakinkan kualitas jaringan kalian. Nah, di Hotspot server ini terdapat fungsi trial yang memungkinkan user tidak perlu melakukan login sampai batas waktu yang ditentukan. Setelah itu baru user diwajibkan untuk melakukan login.
Biasanya dilapangan fungsi trial ini dikombinasikan dengan fungsi advertisement sebelumnya untuk membuat ajang promosi didalam layanan jasa internet 


Voucher
Sudah pernah membeli voucher pulsa GSM? atau mungkin layanan internet di hotel-hotel yang mengharuskan kita meminta voucher di petugas?
di Hotspot Mikrotik, kalian juga bisa membuat sistem voucher prabayar untuk calon pelanggan jasa internet. Kalian tentukan harga dan jenis / detil limitasinya, nanti setiap ada calon pelanggan yang datang kalian tinggal generate voucher yang akan berisi custom username dan password.

Bagaimana? cukup banyak fitur didalam hotspot yang bisa kita gunakan untuk menarik minat calon pelanggan kita bukan? Di artikel ini saya memang tidak akan membahas bagaimana cara membuat hotspot server, tetapi kalian dapat melanjutkan membaca materi selanjutnya yaitu “Cara membuat Hotspot server pada Mikrotik” bisa dilihat pada link berikut https://www.dummydonkey.my.id/setting-dasar-hotspot-mikrotik/

Silahkan dicoba dan rasakan sendiri fitur-fitur hotspot yang ada pada router Mikrotik