Mengenal Pengertian Strategi Marketing Dan Manfaatnya

Pengertian Strategi Marketing

Strategi marketing  adalah keseluruhan rencana pemasaran bisnis untuk menjangkau orang dan mengubahnya menjadi pelanggan untuk produk atau layanan yang kita sediakan. Strategi ini dalam suatu perusahaan berisi proposisi nilai perusahaan, cara pemasaran terbaik, informasi tentang sasaran pelanggan dan hal-hal lain yang berhubungan dengan rencana pemasaran.

Strategi marketing dapat berisi rencana pemasaran yang juga merupakan rencana untuk menjabarkan jenis dan waktu kegiatan pemasaran. Dalam strategi ini, perusahaan harus memiliki durasi yang lebih panjang daripada rencana pemasaran individu, karena strategi ini mempertaruhkan proposisi nilai dan elemen-elemen penting dari merek dalam sebuah perusahaan. Hal-hal ini idealnya tidak banyak berubah seiring waktu berjalan.

Strategi marketing tidak sama dengan rencana pemasaran, meskipun kedua hal ini berhubungan namun keduanya tidak bisa disatukan, antara strategi marketing dan rencana pemasaran tidak berada dalam satu definisi.

Meskipun transisi antara keduanya buram, strategi marketing mencakup gambaran besar dari apa yang ditawarkan bisnis, seperti proposisi nilai dan pesan merek terkait sedangkan untuk rencana pemasaran adalah tentang cara bagaimana bisnis akan menyampaikan pesan utama seperti: platform, iklan kreatif, waktu, dan sebagainya.

Manfaat strategi marketing

Berikut adalah tiga manfaat tambahan dari pengembangan dalam strategi marketing

Distribusi Menjadi Lebih Efisien

Setelah Strategi Marketing Anda terapkan pada bisnis. Anda akan tahu bahwa semua detail yang diperlukan, seperti siapa target pelanggan Anda dan kisaran harga yang dapat Anda tawarkan. Hal ini akan membantu Anda menentukan cara distribusi yang paling efektif.

Misalnya, jika Anda melayani demografi yang lebih muda, Anda harus memberikan opsi pembelian untuk ponsel dan tablet menggunakan layanan seperti PayPal dan kartu kredit. Memang, memberikan pelanggan Anda metode belanja yang lebih mudah adalah cara yang bagus untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Membangun citra merek/brand

Tidak ada bisnis di dunia yang dapat bertahan lama tanpa citra merek yang solid. Semua ini adalah aspek lain di mana strategi marketing membantu Anda. Banyak uang iklan terbuang sia-sia ketika Anda membeli media dan menempatkan iklan di platform yang tidak sejalan dengan citra merek Anda.

Saat Anda mengembangkan citra merek, Anda akan mendapat wawasan terbaik dari perbandingan saat Anda menempatkan iklan di setiap platform yang berbeda

Menciptakan Produk Yang Menjual

Pemasaran tidak hanya tentang mempromosikan lini produk yang ada. Pemasaran yang efektif akan mengambil hati klien Anda dan memahami kebutuhan mereka. Dan jika Anda berpikir bahwa produk Anda yang ada tidak memenuhi permintaan pelanggan, maka Anda harus mendesain ulang penawaran Anda.

Ini adalah cara terbaik untuk melayani pelanggan Anda dan memperkuat status Anda di pasar. Dengan perubahan teknologi dan ekonomi, Anda harus mengubah diri  desain pemasaran Anda agar tetap relevan, dan di sinilah strategi marketing memainkan peran utama.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah bahwa strategi marketing diperlukan jika Anda ingin menjual produk yang tepat dengan harga yang tepat kepada orang yang tepat dengan metode promosi dan distribusi yang tepat. Ini juga termasuk riset pasar dan analisis data menggunakan alat-alat seperti PEST (Politik, Ekonomi, Sosial dan Analisis teknologi) dan analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman).

Subscribe
Untuk dapat update terbaru mengenai kami

Kasus COVID - 19