Mengenal Strategi Bisnis Secara Mendalam Dan Juga Contohnya

Pengertian Strategi Bisnis

Strategi bisnis dapat diartikan sebagai arah tindakan atau serangkaian keputusan yang membantu pengusaha dalam mencapai tujuan tertentu dan merupakan kombinasi dari semua keputusan yang diambil dari tindakan yang dilakukan oleh pengusaha untuk mencapai tujuan bisnis dan untuk mengamankan posisi kompetitif di pasar.

Strategi ini dapat digambarkan sebagai perencanaan usaha jangka panjang. Biasanya akan mencakup periode sekitar 3-5 tahun (kadang-kadang bahkan lebih lama).

Strategi bisnis adalah tulang punggung untuk usaha Anda, karena hal ini layaknya peta jalan yang mengarah ke tujuan yang diinginkan. Kesalahan apa pun dalam peta jalan ini dapat menyebabkan bisnis tersesat di tengah kompetisi pesaing bisnis Anda.

Strategi ini berkaitan dengan masalah sumber daya utama. Misalnya mengumpulkan dana untuk membangun pabrik atau pabrik baru. Strategi juga berkaitan dengan memutuskan produk apa yang akan dialokasikan sumber daya utama. misalnya ketika Coca-Cola memutuskan meluncurkan produk baru seperti Nutriboost ke Indonesia.

Pentingnya Strategi Bisnis

Mencapai tujuan bisnis tanpa strategi hanyalah mimpi. Usaha yang Anda bangun tidak akan bertahan lama tanpa strategi yang terencana dengan baik. Dengan meningkatnya persaingan, strategi dalam bisnis menjadi sangat penting untuk perencanaan dan pengembangan bisnis yang berkelanjutan. Berikut adalah lima alasan mengapa strategi diperlukan untuk usaha Anda.

Perencanaan

Strategi bisnis adalah bagian dari rencana bisnis. Sementara rencana bisnis menetapkan tujuan dan sasaran, strategi memberi Anda cara untuk memenuhi tujuan itu. Ini adalah rencana untuk mencapai tempat yang Anda inginkan.

Kekuatan Kelemahan

Anda harus mengetahui tentang kekuatan dan kelemahan Anda yang sebenarnya sambil merumuskan strategi. Selain itu, ini juga membantu Anda dalam memanfaatkan apa yang Anda kuasai dan menggunakannya untuk menutupi kelemahan Anda atau menghilangkannya.

Efisiensi & Efektivitas

Ketika setiap langkah direncanakan, setiap sumber daya dialokasikan, dan semua orang tahu apa yang harus dilakukan, kegiatan bisnis menjadi lebih efisien dan efektif secara otomatis.

Keunggulan kompetitif

Strategi bisnis berfokus pada memanfaatkan kekuatan bisnis dan menggunakannya sebagai keunggulan kompetitif untuk memposisikan merek dengan cara yang benar. Ini memberikan identitas pada bisnis dan membuatnya unik di mata pelanggan.

Kontrol

Secara bersamaan, strategi bisnis juga memutuskan rencana yang harus diikuti dan tujuan sementara yang harus dicapai. Tentunya ini akan membuat Anda lebih mudah untuk mengontrol kegiatan dan melihat apakah semua berjalan sesuai rencana.

Tingkatan Strategi Bisnis

Tujuan bisnis dicapai dengan pelaksanaan yang  efektif dari berbagai strategi yang efektif. Sementara setiap karyawan, mitra, dan pemangku kepentingan perusahaan fokus pada satu tujuan bisnis. aktivitas mereka ditentukan oleh berbagai strategi yang sesuai dengan level mereka dalam organisasi. Strategi bisnis dapat diklasifikasikan ke dalam tiga tingkatan

Level 1: Tingkat Perusahaan

Tingkat perusahaan adalah tingkat tertinggi dan paling luas dari strategi bisnis. Ini adalah rencana bisnis yang menetapkan pedoman tentang apa yang harus dicapai dan bagaimana bisnis diharapkan untuk mencapainya. Seperti menetapkan misi, visi, dan tujuan perusahaan untuk semua orang.

Level 2: Level Unit Bisnis

Tingkat unit bisnis adalah strategi khusus unit yang berbeda untuk unit bisnis yang berbeda. Unit dapat berupa produk atau saluran berbeda yang memiliki operasi yang sama sekali berbeda. Unit-unit ini membentuk strategi untuk membedakan diri dari pesaing menggunakan strategi kompetitif dan untuk menyelaraskan tujuan mereka dengan tujuan bisnis keseluruhan yang didefinisikan dalam strategi tingkat perusahaan.

Level 3: Tingkat Fungsional

Strategi tingkat fungsional ditetapkan oleh berbagai departemen unit. Departemen termasuk tetapi tidak terbatas pada pemasaran, penjualan, operasi, keuangan, CRM dll.

Strategi tingkat fungsional ini terbatas pada tindakan sehari-hari dan keputusan yang diperlukan untuk memberikan strategi tingkat unit dan tingkat perusahaan untuk menjaga hubungan antara berbagai departemen, dan memenuhi tujuan fungsional untuk perushaan.

Contohnya adalah seperti menggunakan software akuntansi untuk kemudahan pembukuan usaha Anda.

Contoh Strategi Bisnis

Menciptakan Pasar Baru

Anda bisa mengembangkan strategi untuk dijalankan di mana Anda menciptakan pasar yang bahkan tidak ada kompetitor yang masuk. Dengan begitu, Anda lebih mudah untuk merencanakan pengembangan bisnis yang tepat.

Masalahnya adalah menciptakan pasar baru adalah sesuatu yang cukup sulit. Anda harus mengidetifikasi kebutuhan pelanggan Anda dan secara bersamaan mencari peluang dengan tingkat persaingan kompetitor yang rendah.

Akuisisi

Strategi akuisisi Facebook telah berhasil sejak perusahaan diluncurkan. Strategi ini berfokus pada membeli atau mengakuisisi kompetitor daripada menciptakan teknologi sendiri untuk bersaing dengannya.

Sejauh ini ada banyak perusahaan penting yang telah diakuisisi oleh Facebook seperti Instagram, Whatsapp, Oculus, dll. 1 tujuan dari kegiatan akuisisi tersebut yaitu : meningkatkan jangkauan dan basis pengguna.

Diferensiasi Produk

Apple membedakan sistem operasi smartphone iOS dengan membuatnya sangat sederhana dibandingkan dengan Android. Ini membedakannya dan membangun pengikut sendiri. Perusahaan juga telah mengikuti strategi yang sama untuk produk-produk lainnya.

Permainan harga

OnePlus meluncurkan produk andalannya OnePlus 6T dengan fitur yang mirip dengan iPhone X tetapi dengan harga yang kurang dari setengah harga iPhone X. Strategi ini bekerja untuk OnePlus menjadikannya merek telepon premium teratas di India dan negara lain.

Kesimpulan

Dengan menerapkan strategi yang tepat bagi usaha Anda, rencana dan pengembangan bisnis Anda akan lebih terukur dan juga optimal. Hal yang paling penting dalam merancang strategi bisnis adalah harus memperhatikan kesiapan dan kapasitas setiap sumber daya dalam organisasi bisnis Anda.

Subscribe
Untuk dapat update terbaru mengenai kami

Kasus COVID - 19